Jumat, 15 November 2013

Texturing

Texturing adalah metode untuk menambahkan detail, tekstur permukaan (bitmap atau raster image), atau warna ke computer model grafik atau 3D model. Aplikasi untuk grafis 3D dirintis oleh Edwin Catmull pada tahun 1974.




1 = 3D model without textures
2 = 3D model with textures

Sebuah peta tekstur diterapkan ( dipetakan ) ke permukaan dari sebuah bentuk atau poligon . Proses ini mirip dengan menerapkan kertas bermotif ke kotak putih polos . Setiap titik dalam poligon diberi koordinat tekstur ( yang dalam kasus 2d juga dikenal sebagai UV koordinat ) baik melalui tugas eksplisit atau menurut definisi prosedural .Gambar lokasi sampling kemudian diinterpolasi di muka poligon untuk menghasilkan hasil visual yang tampaknya memiliki lebih kaya daripada gambar yang dibuat dengan sejumlah poligon . Multitexturing adalah penggunaan lebih dari satu tekstur pada waktu pada sebuah poligon .  Sebagai contoh , peta tekstur yang ringan dapat digunakan untuk member cahaya ke permukaan sebagai alternatif untuk menghitung ulang kapan pencahayaan setiap kali permukaan diperlukan.

1: Untextured sphere,
2: Texture and bump maps,
3: Texture map only,
4: Opacity and texture maps.





Teknik multitexture yang lain adalah pemetaan benjolan (bump mapping) , yang memungkinkan tekstur untuk langsung mengontrol arah menghadap dari permukaan untuk keperluan perhitungan pencahayaan , yang dapat memberikan penampilan yang sangat baik dari permukaan yang kompleks , seperti kulit pohon atau beton kasar , yang mengambil pada pencahayaan detil selain mewarnai rinci biasa. Bump mapping telah menjadi populer dalam video game terbaru sebagai perangkat keras grafis telah menjadi cukup kuat untuk mengakomodasi secara real -time .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar