Senin, 26 Maret 2012

TIPOLOGI MANUSIA "CLAUDIUS GALLENUS"

Tipologi Manusia.
Tipologi adalah pengetahuan yang mencoba menggolong-golongkan manusia atas dasar kepribadian. Kepribadian seseorang tersusun atas dasar vitalitas jasmani dan rohaninya, disamping ada factor tempramen, karakter dan bakat. Vitalias jasmani bergantung pada konstruksi tubuh, sedangkan vitalitas psikis merupakan energy hidup yang belum terarah secara intensional, sebagian bergantung pada alam lingkungan yang membentuknya. Johan Gasper Lavater (1741-1801) seorang ahli dari jerman membedakan tipe manusia berdasarkan tubuh. Tubuh yang gemuk biasanya mempunyai tipe yang tenang dan sabar, sedangkan tubuh kecil dan panjang mempunyai tipe lincah dan kurang sabar.
pemikir Yunani kuno murid Hypocrates (ahli kedokteran) yang bernama Claudius Galenus mengadakan tipologi berdasarkan tempramen, yaitu cairan-cairan yang terdapat dalam tubuh. Berikut ini adalah tipe-tipe tersebut:
  1. Tipe Sanguinikus
Tipe ini merupakan orang-orang yang mempunyai darah/ sangai yang banyak dalam tubuhnya. Perasaan dasar tipe ini adalah riang dan optimis. Perasaan dasar tipe ini ialah percaya diri, tidak takut menghadapi masa depan, mudah menyesuaikan diri, gerak dan bicaranya banyak, mudah mengambil prakarsa. Sedangkan negatifnya adalah sifatnya mendatar, perasaan tidak stabil, kurang konsekuen, hidupnya kurang teratur, reaksinya tidak dipikir dalam-dalam. Yang cocok sebagai partner adalah tipe flegmatis.

2.Tipe Melankolikus
    Tipe ini memiliki banyak empedu hitam/melankhole dalam tubuhnya. Perasaan dasarnya sedih, sisi negatifnya selalu ketakutan, perasaannya mudah tersentuh, sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan dan sikapnya kurang bergairah. Segi positifnya adalah berhati-hati dalam tindakan, konsekuen, menepati janji, dan stabil jiwanya.

    3.Tipe Kholerikus
      Orang dengan tipe ini dalam tubuhnya banyak terdapat empedu kuning/kholeri dengan perasaan dasarnya selalu merasa kurang puas. Segi negatifnya lebih banyak dari positifnya, antara lain selalu gelisah, lekas eksplosif, mudah emosional, ingin menang sendiri, objectivitasnya kurang, kurang rasional dll.

      4.Tipe Flegmatis
       
      karena menurut  tingkah laku yang terdapat dalam diri flegmatis, dia mempunyai tingkah laku yang mempunyai perasaan dasar tenang, netral, tidak ada warna perasaan yang jelas. Segi positifnya tidak mudah tegang, memiliki harapan-harapan yang besar dan hebat, tidak mudah terharu, tidak mudah panic, tertib, dan teratur. Segi negatifnya, perasaan tidak begitu peka, dingin hati, penyesuaian dengan lingkungan lambat, peranannya reaktif atau pasif, menjemukkan dan bersikap agak konservatif.Tipe saya sendiri saat ditest waktu sma dulu adalah tipe flematikus. Meskipun tipe saya flekmatikus di tes itu point saya di 4 kepribadian itu hampir sama semua. Mungkin karena setiap manusia mempunyai sifat yang bercampur karena efek lingkungan.
      Orang Flagmatikus   biasanya baik hati dan penuh perhatian, tetapi jarang sekali ia mengutarakan perasaannya yang sesungguhnya. Akan tetapi apabila sekali ia telah didorong untuk bertindak, akan terbukti bahwa ia adalah orang yang paling efisien dan memiliki kemampuan yang hebat. Ia sendiri tidak akan mau memegang pimpinan, tetapi apabila ia diberi tugas sebagai seorang pemimpin, ia akan membuktikan diri sebagai seorang pemimpin yang mampu. Ya, saya menyadari bahwa pribadi saya memang seperti itu, saya cenderung tertutup, apabila saya di landa suatu masalah,saya tidak mudah menceritakkannya kepada siapa pun, bahkan perasaan sekalipun sangat jarang saya beritahu orang lain. Saya memiliki tanggung jawab yang dapat di katakan baik, tidak ingin mengecewakan orang lain terlebih orang yang sudah memberikan  kepercayaan kepada saya. Pada dasarnya saya kurang senang memegang pimpinan, tetapi apabila saya di hadapkan dengan pekerjaan sebagai pemimpin maka saya akan membuktikan bahwa saya dapat menjadi pemimpin yang baik dan yang mampu. Orang Flagmatikus  dapat menimbulkan suasana damai dan ia mempunyai sifat pembawaan suka mendamaikan orang, saya sangat tidak senang melihat kesenjangan antara teman-teman saya, dalam hati saya, saya memiliki kerinduan untuk mendamaikan teman saya, tetapi saya juga cenderung tidak ingin terlibat dalam permasalahan mereka yang adalah teman saya.  Kebutuhan orang Flagmatikus  yang terutama ialah : Kasih, kebaikan, kelemahLembutan, penguasaan diri dan Iman, hal tersebut adalah modal bagi saya untuk menjadi pribadi yang dapat memberkati orang lain .

      Sumber: http://divaronero.wordpress.com/2011/02/20/tipe-kepribadian-yang-ada-dalam-diri-saya-menurut-tipologi-claudius-gallenus/

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar