Jumat, 13 Juni 2014

Vanquish



Vanquish adalah permainan video yang dikembangkan oleh Platinum Games untuk PlayStation 3 dan Xbox 360. Ini adalah pertandingan pertama Shinji Mikami di bawah merek Platinum Games. Permainan ini dikembangkan sejak 2007; pada bulan Januari 2010, sebuah motion video trailer dirilis. Permainan ini diterbitkan oleh Sega. Atsushi Inaba memproduksi permainan. Mikami telah menyatakan bahwa game ini sedang dikembangkan dengan PlayStation 3 sebagai platform utama, Mikami  berkomentar bahwa game ini adalah "sukses besar."



Jalan Cerita

Kisah diambil pada masa depan. Rusia dan Amerika Serikat bersaing untuk kepemilikan  sumber daya energi dunia dan Amerika Serikat telah membangun sebuah stasiun ruang angkasa dalam rangka untuk memanfaatkan energi dari matahari. Pasukan Rusia menangkap stasiun ruang angkasa ini dan mengalihkan energi surya untuk dipanen menjadi gelombang ledakan yang menghancurkan San Francisco, yang bertujuan untuk memaksa AS ke dalam penyerahan total dan tanpa syarat. Sebagai tanggapan, tugas angkatan bersenjata AS diberi tugas merebut kembali stasiun ruang angkasa sebelum Rusia dapat memusnahkan target mereka berikutnya - New York. Pemain akan mengambil kendali dari Sam, seorang agen pemerintah yang dilengkapi dengan battlesuit futuristik.

GamePlay

Ini adalah permainan yang dimainkan dari perspektif Third Person Shooter (TPS). Pemain mengontrol Sam Gideon, agen DARPA bersenjata dengan Augmented Reaction Suit. Jika pemain mengambil terlalu banyak kerusakan, gugatan secara otomatis akan masuk ke modus Augmented Reaksi (mode AR), yang memperlambat waktu, membantu pemain untuk menghindari serangan lawan. Pemain juga dapat secara manual masuk ke mode AR dengan menekan tombol sambil menghindari, yang memungkinkan pemain untuk menargetk musuh dengan mudah. Setiap saat, pemain bisa menggunakan penguat pada setelan untuk bergerak cepat melintasi daerah tersebut. Jika pemain menggunakan modus AR atau penguat terlalu banyak dalam waktu singkat, player akan terlalu panas dan akan membutuhkan waktu yang singkat untuk mendinginkan, di mana Sam/pemain akan kehilangan sedikit kemampuan bergeraknya. AR juga akan terlalu panas langsung jika pemain melakukan serangan jarak dekat, dan daerah-daerah tertentu juga akan membuat panas AR player

Persenjataan Sam terdiri dari sistem senjata BLADE dan dua jenis granat. Sistem BLADE dapat menyimpan hingga tiga senjata pada suatu waktu (dari total delapan jenis senjata), dengan pemain bisa menukar senjata jika ia menemukan yang baru; mulai senjata assault rifle, heavy machine gun dan shotgun. Senjata-senjata ini, dan granat, dapat ditingkatkan kekuatany dengan mengumpulkan kotak upgrade, atau dengan mengumpulkan jenis yang sama senjata sementara dan dengan memiliki amunisi yang maksimal. Upgrade senjata-senjata ini meningkatkan kemampuan mereka, seperti kapasitas mereka maksimum amunisi, akurasi, dan radius ledakan. Pemain dapat membantu sekutu yang terluka di lapangan untuk mendapatkan senjata, atau menemukan mereka dalam peti atau loker senjata. Dalam kesulitan Normal atau lebih tinggi, senjata yang diturunkan jika pemain mati. Sam dapat menyimpan hingga 3 senjata sekaligus, ini dikenal sebagai sistem BLADE.

Vanquish Gameplay

Sejarah

Direktur game, Shinji Mikami, menyatakan bahwa grafis Vanquish itu yang sebagian terinspirasi oleh Casshern, sebuah anime yang tayang tahun 1970-an oleh Tatsunoko Production. Mikami juga menyatakan bahwa desain permainan itu sendiri terinspirasi oleh Casshern. Mikami awalnya ingin menciptakan permainan seperti Casshern, tetapi dengan penambahan senjata, karena Mikami sudah dibuat sebelumnya sebuah game fighting God Hand. Namun, dengan gameplay Vanquish game shooting, Mikami masih ingin mempertahankan "perasaan kecepatan" Casshern ini yang merupakan alasan ia memperkenalkan geser-dorongan mekanik. Vanquish menggunakan mesin fisika Havok.

Kritikan

Vanquish menerima ulasan yang kebanyakan positif, dengan banyak pengulas yang memuji visual permainan, gameplay, inovasi, gaming speed, dan over-the-top style, meskipun beberapa juga mengkritik panjang pendek, kurangnya multiplayer, alur biasa-biasa saja, dan dialog klise. Menggabungkan situs review GameRankings dan Metacritic memberikan versi Xbox 360 83,95% dan 84/100  dan versi PlayStation 3 83,44% dan 84/100. GameTrailers memberikannya 9.0, mencatat bahwa sulit untuk membayangkan gameplay gerak lambat bekerja di multiplayer. Game Informer menyatakan "Jangan terkejut jika Anda selesai Bermain pertama Anda dalam empat jam atau kurang." Pandangan ini ditantang oleh penulis Platinum Games 'Jean Pierre Kellams serta Eurogamer.

Penghargaan

Vanquish mendapatkan penghargaan dari Classic Game Room dengan nama penghargaan Game of the Year. X360 memberinya penghargaan Best Shooter and GamesRadar memberinya penghargaan untuk game yang paling kejadian "Oh Shit" permenit. IGN memberinya perhargaan Best Sci-Fi game untuk kategori PS3 dan dinominasikan untuk penghargaan "Coolest Atmosphere", "Most Challenging", "Most Addictive", "Best Visual" dan "Best Blockbuster game". Gamespot memberi game ini nama penghargaan "Best Game No One Played".

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dari game ini adalah setiap momen yang ada pada game ini sangat menegangkan yang membuatnya mendapat penghargaan "Oh Shit" per menit. Gameplay yang menarik dengan menggabungkan shooting dengan brawler ditambah dengan fast game speed yang membuat setiap pertarungan dalam game ini sangat menegangkan. Ditambah dengan fitur upgrade persenjataan yang membuat player ingin mengupgrade full senjata yang mereka favoritkan. Game ini memiki mekanik yang original dengan sistem AR dari player, yang memungkinkan player untuk memperlambat waktu untuk bisa menembak dengan presisi sebuah objek penting yang terdapat dalam game.
Kekurangan game ini termasuk dalam ceritanya yang kurang menarik. Tidak sedikit game Vanquish yang tidak mengerti jalur arah cerita game pada saat mereka memainkan game ini. Kebanyakan dari mereka hanya mengikuti arah yang ditunjukan oleh sistem game tanpa mengerti kenapa mereka harus kesana. Dan juga game ini memiliki waktu story yang sangat singkat, hanya dengan rentan waktu 5-10 jam game ini dapat diselesaikan, bahkan jika player bergegas menamatkan game ini, mereka bisa menamatkannya dengan waktu sekitar 4 jam saja. Fitur online juga sangat minim pada game ini, biasanya online pada game PS3 atau Xbox memiliki fitur online dimana player bisa bermain bersama melawan musuh yang sudah disediakan dalam suatu stage atau level atau disebut PVE atau PVP dimana player bisa mengadu skill mereka dengan player lain tetapi game ini tidak memiliki fitur online PVE atau PVP. Fitur online yang dimiliki oleh Vanquish adalah membandingkan score yang didapat oleh suatu player dan memajang score tersebut pada board yang online. seperti layaknya score board pada flappy bird dahulu dan interaksi dengan player lain yang dinilai sangat tidak memuaskan untuk game seukuran PS3 dan Xbox.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar